Sunday, November 30, 2014

AMAZING KNOWLEDGE


Dikutip dari karya Dr. Edhy Rustan dalam proposal disertasi: bila ditinjau dari pemrosesan menulis sebagai kegitan kreatif maka proses tersebut juga sangat terkait dengan pemrosesannya pada otak. Menulis menuntut aktivitas seluruh otak yang menggunakan belahan otak kanan (emo-sional) dan otak kiri (logika). Penga-laman empiris membuktikan bahwa pemaha-man terhadap objek tulisan berpengaruh terhadap hasil menulis. Tidaklah mungkin menulis tentang suatu objek yang tidak dikuasai atau dipahami karena objek yang tidak dipahami menimbulkan berpikir yang tidak jernih; berpikir tidak jernih menim-bulkan tulisan yang tidak jelas. 
Dilihat dari segi psikolinguistik, menulis sebagai aktivitas yang dilakukan oleh penulis, memiliki tahap-tahap tertentu. Subyakto dan Nababan (1992:163-164) men-jelaskan bahwa, bila terdapat rangsangan diterima penulis dari luar atau dari dalam dirinya, ini menimbulkan suatu makna atau proposisi dalam dirinya, yakni timbul reaksi yang dimasukkan dalam pemproses prag-matik yang dapat menghasilkan diam saja‘ atau bentuk bahasa. Kalau ada reaksi dalam bentuk bahasa, maka terjadilah suatu teks bahasa dalam pikiran, yang disebut sintesis morfologi-sintaksis.
Seorang penulis secara formal rasanya seperti berada dalam ketakutan di mana dia berhadapan dengan banyak jalan buntu. Akhirnya, dia diliputi frustrasi dan hanya duduk bersungut-sungut atau berpaling dari proses itu sama sekali dan melakukan hal yang lain (Bobbi Deporter, 2000 179-181). Kesulitan menulis ini akibat dari teknik mengajar formal yang membuat menulis menjadi proses otak kiri semata, alih-alih membiarkan cura-han imajinasi dan ekspresi. Teknik-teknik mengajar tradisional menga-baikan kebenaran bahwa menulis merupakan aktivitas seluruh otak. Sebenarnya, walaupun proses lengkap melibatkan kedua belah otak dengan cara bervariasi, peran otak kanan harus didahulukan. Belahan otak kanan ada-lah tempat munculnya gagasan-gagasan baru, gairah, dan emosi. Oleh karena itu I'ana Penoreh Tinta, akan hadir dengan karya terbarunya, how to be good writer (menulis mulai dari Nol),,coming soon 

0 comments:

Post a Comment