Saturday, March 8, 2014

TRIK LOMBA BERPIDATO DENGAN BAIK KETIKA SUDAH DI RUANG LOMBA

Sobat semua, pasti sering juga mengikuti musabaqoh (lomba) pidato, kini Penoreh Tinta sekedar ingin berbagi pengalaman, sekilas tentang bagaimana cara berpidato dengan baik, Penoreh Tinta Mulai dari teknik dasar sebelum menyampaikan materi yang sudah sobat persiapkan, Ayuuuuuk kita mulai belajar:
(1)
Ketika memasuki panggung, jangan langsung salam, namun tata lah nafas sejenak...posisikan badan kita dengan nyamana, kontak mata dengan audience seraya tersenyum...kemudian baru ucapkan Salam dengan lantang...karena salam merupakan kunci awal seorang juri menilai..bersemangatlah mengucapkan salam, eits jangan lupa senyum manis nya yah (ini yang sering tertinggal)...karena kita sedang menyapa seluruh audience.
(2)
Cara memegang Microphone, pegang dengan tangan kiri...sehingga yang akan bergerak dalam ber-orasi adalah tangan kanan, agar terlihat sopan, microphone jangan di tempelkan ke mulut, karena suara tidak akan terdengar jelas..letakkanlah microphone, dengan jarak 3 jari di depan mulut, sehingga suara terdengar jelas dan enak di dengar.
(3)
Sebelum menggunakan microphone, mohon check terlebih dahulu, apakah microphone-nya sudah nyala dan enak di gunakan atau belum???
 (4)
Perhatikan aba-aba/peraturan yang ada, misal ada lampu merah, kuning, hijau...jangan mulai terlebih dahulu,,jika lampu belum di nyalakan.
(5)
Usahakan posisi badan tegak/siap...biar tidak terkesan seperti orang malas...dengan menekuk satu kaki, (jika demikian, audience pun akan malas melihat peserta pidato, apalagi mendengarkan).
(6)
Ketika menyampaikan materi pidato, usahakan ketika posisi kita move (pindah) dari satu tempat ke tempat yang lain, jangan terlalu sering, karena akan terkesan mondar mandir, dan kurang enak di pandang.
(7)
Jangan menatap mata audience atau juri jika tidak ingin grogi...tatapan mata tetap menuju ke depan/audience...akan tetapi berilah jarak "satu kilan jari" di atas kepala, sehingga tidak saling menatap...trik satu ini sekedar mengurangi grogi.
(8)
Perhatikan lawan lomba kita, jika peserta nomor urut sebelum sobat semua terlihat bagus dan sangat menarik,,sebisa mungkin jadikan diri sobat semua punya karakter yang bisa menjadi ciri khas, sehingga  tidak terkesan njomplang (tidak seimbang, alias kelihatan jelek) jika di bandingkan dengan nomor urut sebelumnya...Begitu juga ketika mendapatkan nomor urut pertama, itu akan menjadi patokan,,jika bagus...maka penampilan sobatlah yang menjadi patokan penilaian juri.
Selamat Mencoba.... Semoga Manfaat;-)
*Kemenangan bukan hanya di ukur dari sebuah angka, karena Tuhan yang menciptakan kita...tidak hanya bidang dalam hal angka saja...Experience is the best teacher......
Salam SEMANGAT BERKOMPETISI

6 comments:

Mozza said...

Bagus banget tipsnya, semoga bisa bermanfaat buat saya.
Tolong di share juga teks pembukaan pidato yang menarik, dan tidak monoton.
Trima kasih...

Unknown said...

sangat membantu trik etika berpidatonya.thanks

Jurnalistik Mu'alimien/aat Jakarta said...

Terima kasih untuk tips nya, sangat membantu

Jurnalistik Mu'alimien/aat Jakarta said...

Terima kasih untuk tips nya, sangat membantu

Coachade.blogspot.com said...

keren banget dan mudah dipraktekkan nih bagi yang mau ikutan lomba, terima kasih sudah berbagi

Unknown said...

Alhamdulillah sukran jazakallah
Bagus sangat tipsnya kk. Semoga sy bisa ya nerapkannya nanti. Doakan ya kak smoga sy bisa lancar lomba pidatonya

Post a Comment