Thursday, October 30, 2014

NOTE AUDISI LIPUTAN 6 SCTV

Hallo guys, sebelum melanjutkan ke step kompetisi nasional, Penoreh Tinta akan mencoba memaparkan contoh serupa dengan kompetisi Da’I Muda Indonesia MNC TV, kali ini Liputan 6 SCTV (SGTC “SCTV Goes To Campus”) audisi menjadi presenter/reporter, Seperti apakah perjalanannya: yuuuuk ikuti teruuuus, namun sebelum memasuki step-step yang Penoreh Tinta paparkan, sobat semua harus tahu, apa itu presenter dan reporter.
        Presenter berita menyampaikan berita yang sudah diolah oleh penulis naskah. Seorang presenter hanya menyajikan berita di tempat studio itu berada. Jadi, berita yang sudah ada, dibacakan ulang oleh presenter dengan membaca teks yang ada.
       Sedangkan reporter harus mengolah berita sendiri terlebih dahulu, karena tujuannya hampir mirip dengan wartawan, yaitu mencari berita, untuk kemudian disampaikan langsung oleh pemirsa, dengan kata lain Reporter adalah seseorang yang bertugas melakukan peliput berita, di lapangan, di tempat terjadinya peristiwa, dan melaporkannya kepada publik, baik dalam bentuk tulisan untuk media cetak atau dalam situs berita di internet. Apabila dilaporkan secara lisan, laporannya disampaikan melalui media elektronik berupa radio atau  televisi.
     Mana posisi yang lebih menarik bagimu? Mungkin jika kamu tidak suka ribet dan bepergian jauh, presenter bisa jadi posisi yang pas. Namun jika kamu orang yang haus akan pengalaman, hobi jalan-jalan dan suka akan hal-hal baru, kamu bisa menantang dirimu sendiri dengan mencoba sebagai reporter.
   Okay Guys kita menuju pada jelajah Step...MARKIKEM (Mari kita Cammon);-)
              
1. Sebelum mengikuti audisi menjadi reporter atau presenter, jangan lupa latihan (berlatihlah nada baca ala jakarta yang tidak medok) hal yang sering di komentari juri adalah bahasa kita medok dan persiapkan script berita dan hafalkan, perlu diperhatikan...bahwa tanda jeda koma (,) dan titik (.) dalam script ditandai dengan (/ dan //) yaitu tanda koma ( , ) diganti dengan ( / )..Tanda titik ( . ) untuk berhenti sejenak menggunakan tanda ( // )..Sedangkan berakhirnya naskah berita menggunakan tanda ( /// ).
2. Berpenampilan yang menarik, rapi, pakailah Make Up, eits jangan seperti Penoreh Tinta dalam gambar yang polosan yaaaah (pengalaman ini Penoreh Tinta Share agar sobat semua tahu dan be better than me), pemakaian make up bertujuan agar wajah sobat semua tidak terlihat pucat di kamera, begitu juga tatalah hijab kalian se-unik dan se-menarik mungkin.
3. Setelah semua dipersiapkan dan tentunya sudah mendaftarkan diri di tempat terdekat kalian (tempat audisi), maka kalian akan di panggil untuk memasuki ruangan, disana para peserta diberi script kurang lebih 5-6 baris untuk di hafal sambil menunggu giliran masuk ruang tertutup berhadapan dengan juri dan beberapa kamera untuk menampilkan script yang sudah kita hafal, jangan grogi sobat..tetap percaya diri okay;-) 
4. Inilah foto Penoreh Tinta bersama 2 diantara 3 juri, yang 1 namanya tidak asing buat sobat semua "Jeremy Teti"...
 5. Seusai audisi maka kita akan mengikuti seminar "How to be good public speaker", akan di share banyak ilmu disini sobat, dan pematerinya langsung dari para presenter hebat yang sering kita lihat di TV.
6. Sebelum kegiatan dan pengumuman berlangsung, mohon kostum dan semuanya harus tetap seperti semula, jikalau teman-teman terkena air wudhu untuk sholat, maka segeralah berbenah kembali...eits hal yang tidak di maafkan adalah TERLAMBAT, bisa-bisa kita di diskualifikasi meskipun sebenarnya kita lah juaranya..Time is Money so jika bekerja di layar TV jangan anggap remeh waktu bin Don't be come late.
7. Biasanya akan di ambil 4 besar terbaik, setelah itu 4 besar tersebut di terjunkan langsung di lapangan untuk mencari berita yang nantinya akan di tampilkan di liputan 6 SCTV. dari penampilan kali ini, maka ditentukanlah pemenang (juara 1)
8. Bagi yang lolos/juara 1 akan langsung siaran di liputan 6 SCTV, mmmmmm enak bukan!!!

Semoga Posting ini bisa membantu sobat semua dan Selamat mencoba;-)

0 comments:

Post a Comment